3D Modelling Plus (PDMS 12.0.SP6 Cash Project)

pipingdesignjpes1. Pendahuluan

Bersamaan dengan pertumbuhan sector-sektor industry dan munculnya era globalisasi maka sector industry di Indonesia tidak dapat tumbuh secepat yang diharapkan tanpa adanya peningkatan efisiensi dan mutu disektor industry yang selama ini sudah berjalan. Untuk itu peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga ahli dibidang teknik khususnya tenaga profesional seperti dibidang teknik pemipaan, teknik pengeboran, teknik design pemipaan, pipe stress analysys misalnya, sangat-sangat diperlukan.

Bahkan Qatar membutuhkan 1000 orang pekerja dari Indonesia untuk bekerja di perusahaan minyak dan gas di Qatar, tetapi kurang dari 10% saja yang tersedia (sumber web site www.dikti.org.id ).

Dibidang industry yang meliputi industry-industri perminyakan, industry kimia, industry perkapalan, industry LNG, industry bangunan lepas pantai, dsb, permasalahan yang sering muncul adalah langkanya seorang teknik baik lulusan SMK ataupun lulusan perguruan tinggi yang mempunyai kompetensi dan kemampuan khusus/skill dibidang keahlian seperti dibidang piping, pipe stress analysys, piping design, piping instrumentation dsb yang siap pakai.

Dan INSTITUT MIGAS – UMB menjawab permasalahan diatas baik regional maupun global dengan menyelenggarakan pelatihan yang menghasilkan personal-personal professional siap pakai yang mempunyai kompetensi dan skill yang sangat dibutuhkan dan memenuhi requirement industry, khususnya oleh Oil & Gas Industry.

2. Partisipan

Kursus ini sangat bermanfaat bagi siswa SMK jurusan teknik, mahasiswa juruan teknik dan jurusan Kimia juga personil teknik dan teknisi.

3. Objective

Setelah menyelesaikan training ini, para peserta menjadi seorang yang:

  • Mempunyai kompetensi dan skill dibidang yang Anda tekuni, khususnya dibidang Oil & Gas Industri
  • Mempunyai konsep bagaimana memodifikasi & memperbaiki peralatan yang ada tanpa menghindari aspek keselamatan dibidang Oil & Gas Industri.
  • Kemampuan dalam menganalisa/ mengukur keandalan dalam pengeboran Oil & Gas.
  • Kemampuan dalam menganalisa pipe stress pada system pemipaan di dunia Oil & Gas.

4.Sertifikat

  • Diberikan certifikat setelah dinyatakan lulus memenuhi criteria passing grade melalui test tulis dan praktik.
  • Bagi yang belum lulus test, dapat mengulangi test tanpa biaya.
  • Sehubungan tempat yang terbatas maximal 6 bangku saja, maka bagi yang belum menguasai materi perkuliahan dan belum lulus, diberi kesempatan mengulangi

sekali saja perkuliahannya dengan hanya dibebani biaya administrasi sebesar Rp.500.000, –

5. Training Outline

a. Syllabus:
General Tools, Hierarchy PDMS-Site-Zone, membuat primitive equipment solid / negative, membuat dan memodify nozzle, membuat datum equipment, meletakkan equipment  sesuai koordinat, meng-copy equipment, membuat plat form, ladders dan piperack,me-routing pipa , dan mengoperasikan pipe isometric.

b. Kompetensi dan skill yang harus dicapai oleh trainee:

– Kemampuan memahami  dan skill menggunakan 3D Modelling menggunakan PDMS
– Kemampuan dan skill menyajikan secara presentasi aplikasi 3D Modeling pada Teknik Routing Pemipaan

c. Satuan Acara Pertemuan (SAP):
Jumlah Pertemuan = 5 x @4jam=20 jam

Pertemuan 1:
– Materi: Drawing Tanki dan Pompa
– Bentuk Pembelajaran: Teori dan Praktek

Pertemuan 2:
– Materi: Drawing Heat Exchanger, Column
– Bentuk Pembelajaran: Praktek

Pertemuan 3:
– Materi: Drawing Pipe Rack
– Bentuk Pembelajaran: Praktek

Pertemuan 4:
– Materi: Piping Layout P&ID dan Piping General Arrangement Drawing
– Bentuk Pembelajaran: Praktek

Pertemuan 5:
– Materi: Piping Layout P&ID dan Piping General Arrangement Drawing
– Bentuk Pembelajaran: Praktek

Pertemuan 6:
– Materi: TES KOMPETENSI & SKILL
– Bentuk Pembelajaran: Praktek DRAWING & PRESENTASI

6. Tempat dan Waktu Penyelenggaraan

Tempat:
Pelatihan dilaksanakan di Kampus Universitas Mercu Buana, Kampus Meruya, dan menerima penyeleggaraan in-house dan in-company training, baik diluar maupun dalam kota.

Waktu:
Pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu dengan Jadwal:
– Sabtu Jam 09.00 – 17:30 WIB
– Minggu Jam 09.00 – 17:30 WIB
(Waktu sudah termasuk Istirahat, Makan Siang dan Sholat)

7. Biaya Pelatihan

Biaya Pelatihan: Rp.2.500.000.
– Biaya Pelatihan dapat  dicicil 2  x ,minggu pertama dan minggu ketiga.
– Biaya pendaftaran Rp.100.000.-

8. Training Instructor

Dr.Ir.Abdul Hamid,M.Eng, alumni Universitas Hiroshima – Japan. Dosen Universitas Mercu Buana, Jurusan Teknik Mesin semenjak 1989 – sekarang,pengampu Mata Kuliah Teknik Pemipaan , Statika Struktur, Material Teknik, Mekanika Fluida dan Mechanical Vibration ; telah mengajar PDMS semenjak 2005.

Ir.Haris Iswahyudi, telah berpengalaman selama sepuluh tahun lebih bekerja sebagai piping designer di EPC company ,dan telah mengikuti berbagai training dibidang PDMS – Administrator,SmartPlant(SP)-3D – Administrator, SmartPlant  Instrumentation Design using Intools,dan  Process Engineering using HYSYS.

Ir.Sri Solyanto ,telah berpengalaman selama sepuluh tahun lebih bekerja sebagai piping designer di EPC company ,khususnya skill menggunakan PDMS , SP-3D,dan CAD 2D.

Ir. Petrus Lioe, telah berpengalaman selama sepuluh tahun lebih bekerja sebagai pipe stress analysys di EPC company ,khususnya skill menggunakan CAESAR.

Ir.Abdur Rachman, telah berpengalaman selama sepuluh tahun lebih bekerja sebagai piping designer di EPC company  ,khususnya skill menggunakan PDMS , SP-3D,dan CAD 2D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *